Rabu, 11 Juli 2018

Jenis – Jenis Itelejensi dan Identifikasi Masalah pada Peserta Didik




1.      Lingustik adalah kemampuan individu dalam menggunakan kata – kata secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis.
Ø  Identifikasi masalah : kecenderungan anak SD yang mempunyai intelejensi linguistik yang lebih dari pada teman – temannya mereka lebih sering ramai saat di kelas atau berbicara dengan temannya saat pelajaran berlangsuang.
Ø  Cara menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang aktif dari murid ke guru bsa tanya jawab dan sesekali berdiskusi.
2.      Matematika-Logis, kemampuan individu dalam menggunakan angka-angka dengan baik dan melakukan penalaran dengan benar
Ø  Identifikasi masalah : kebanyakan anak yang memiliki kemampuan matematika-logis yang cukup tinggi, mereka sangat cepat memahami atau menyelesaikan soal matematika yang diberikan oleh guru dari pada teman - temannya
Ø  Cara menghadapinya apabila saya seorang guru adalah membiarkan anak tersebut berkembang, dengan cara memberikan apa yang ia butukan dalam pelajaran biasanya anak tersebut dalam belajar matematika sangat cepat dan saya sebagai seorang guru akan lebih mengarahkan dan mengembangkan potensi anak tersebut semisal memberi soal – soal yang belum pernah ia kerjakan.
3.      Keruangan adalah kemampuan individu dalam mempersepsi dunia keruangan-visual secara akurat.
Ø  Identifikasi masalah : Biasanya anak akan lebih sering suka menggambar ketika dia bosan dalam belajar materi, si anak akan mecoret – coret meja mengambar di dinding atau mencoret- coret pada buku pelajaran.
Ø  Cara menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif tidak hanya menyampaikan mater saja setapi juga bisa mengunakan media – media yang lain seperti mengajak anak aktif belajar sambil menggambar dan menyediakan buku gambar bagi si anak untuk digambar atau di coret – coret agar tidak mencoret – coret di sembarang tempat.
4.      Kinestetik-jasmani adalah keahlian individu dalam menggunakan seluruh atau sebagian organ tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan.
Ø  Identifikasi masalah : kebanyakan anak yang memiliki kineststik-jasmani yang tinggi anak tersebut lebih sering bergerak dan hiperaktif di kelas.
Ø  Cara menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mengajak murid juga bergerak misanya menyanyi dan menari yang mengandung unsur materi. Dan mengajak anak untuk belajar diluar ruangan outdoor seperti berolahraga.
5.      Musikal adalah kemampuan individu menangani atau mengenali bentuk – bentuk musikal, misalnya sebagai penikmat musik.  Kemampua individu dalam membedakan misalnya sebagai kritikus musik. Kemampuan individu dalam mengubah misalnya sebagai komposer.
Ø  Identifikasi masalah : biasanya anak akan lebih suka menyanyi dan terkadang anak tesebut suka memukul – mukul meja kelas untuk mengiringinya bernyanyi.
Ø  Cara menghadapinya apabila saya seorang guru adalah mengajak ia bermain musik, menyanyi dan ketika pelajaran seni sudah selesai dan masuk ke pelajaran materi biasa saya akan membuat metode pembelajaran yang menyenangkan seperti membuat lagu yang mengandung unsur materi.
6.      Interpersonal, adalah kemampuan mempresepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain.
Ø  Identifikasi masalah : biasanya anak tersebut pandai bergaul dan biasanya anak tersebut bisa dikatakan menjadi seorang leader dalam teman bermainnya. Ketikan anak tersebut ramai atau cerewet dikelas saat pelajaraan pasti teman – teman sekelasnya juga mengikutinya.
Ø  Cara menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mendekati anak tersebut dan merangkulnya. Menjadi guru dengan sosok friendly sehingga mudah bergaul pada anak tersebut dan mempengaruhi anak tersebut, jika hal itu berhasil maka akan saya arahkan anak tersebut agar mau belajar agar anak – anak yang lain juga mengikutinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahasiswa KKN UPGRIS Membuat tempat Cuci Tangan Sederhana dan Melakukan Edukasi Cuci Tangan

Virus Covid-19 per 1 Februarai 2021 mencapai 1.089.308 yang menandakan bahwa belum meredanya penyebaran covid-19 di Indonesia. Oleh karena i...