1. Lingustik
adalah kemampuan individu dalam menggunakan kata – kata secara efektif, baik
secara lisan maupun tertulis.
Ø Identifikasi
masalah : kecenderungan anak SD yang mempunyai intelejensi linguistik yang
lebih dari pada teman – temannya mereka lebih sering ramai saat di kelas atau
berbicara dengan temannya saat pelajaran berlangsuang.
Ø Cara
menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mengembangkan model pembelajaran
yang aktif dari murid ke guru bsa tanya jawab dan sesekali berdiskusi.
2. Matematika-Logis,
kemampuan individu dalam menggunakan angka-angka dengan baik dan melakukan
penalaran dengan benar
Ø Identifikasi
masalah : kebanyakan anak yang memiliki kemampuan matematika-logis yang cukup
tinggi, mereka sangat cepat memahami atau menyelesaikan soal matematika yang
diberikan oleh guru dari pada teman - temannya
Ø Cara
menghadapinya apabila saya seorang guru adalah membiarkan anak tersebut
berkembang, dengan cara memberikan apa yang ia butukan dalam pelajaran biasanya
anak tersebut dalam belajar matematika sangat cepat dan saya sebagai seorang
guru akan lebih mengarahkan dan mengembangkan potensi anak tersebut semisal
memberi soal – soal yang belum pernah ia kerjakan.
3. Keruangan
adalah kemampuan individu dalam mempersepsi dunia keruangan-visual secara
akurat.
Ø Identifikasi
masalah : Biasanya anak akan lebih sering suka menggambar ketika dia bosan dalam
belajar materi, si anak akan mecoret – coret meja mengambar di dinding atau
mencoret- coret pada buku pelajaran.
Ø Cara
menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mengembangkan media
pembelajaran yang inovatif tidak hanya menyampaikan mater saja setapi juga bisa
mengunakan media – media yang lain seperti mengajak anak aktif belajar sambil
menggambar dan menyediakan buku gambar bagi si anak untuk digambar atau di
coret – coret agar tidak mencoret – coret di sembarang tempat.
4. Kinestetik-jasmani
adalah keahlian individu dalam menggunakan seluruh atau sebagian organ tubuh
untuk mengekspresikan ide dan perasaan.
Ø Identifikasi
masalah : kebanyakan anak yang memiliki kineststik-jasmani yang tinggi anak
tersebut lebih sering bergerak dan hiperaktif di kelas.
Ø Cara
menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mengajak murid juga
bergerak misanya menyanyi dan menari yang mengandung unsur materi. Dan mengajak
anak untuk belajar diluar ruangan outdoor seperti berolahraga.
5. Musikal
adalah kemampuan individu menangani atau mengenali bentuk – bentuk musikal,
misalnya sebagai penikmat musik.
Kemampua individu dalam membedakan misalnya sebagai kritikus musik.
Kemampuan individu dalam mengubah misalnya sebagai komposer.
Ø Identifikasi
masalah : biasanya anak akan lebih suka menyanyi dan terkadang anak tesebut
suka memukul – mukul meja kelas untuk mengiringinya bernyanyi.
Ø Cara
menghadapinya apabila saya seorang guru adalah mengajak ia bermain musik,
menyanyi dan ketika pelajaran seni sudah selesai dan masuk ke pelajaran materi
biasa saya akan membuat metode pembelajaran yang menyenangkan seperti membuat
lagu yang mengandung unsur materi.
6. Interpersonal,
adalah kemampuan mempresepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta
perasaan orang lain.
Ø Identifikasi
masalah : biasanya anak tersebut pandai bergaul dan biasanya anak tersebut bisa
dikatakan menjadi seorang leader dalam teman bermainnya. Ketikan anak tersebut
ramai atau cerewet dikelas saat pelajaraan pasti teman – teman sekelasnya juga
mengikutinya.
Ø Cara
menghadapinya apabila saya seorang guru adalah dengan mendekati anak tersebut
dan merangkulnya. Menjadi guru dengan sosok friendly
sehingga mudah bergaul pada anak tersebut dan mempengaruhi anak tersebut, jika
hal itu berhasil maka akan saya arahkan anak tersebut agar mau belajar agar
anak – anak yang lain juga mengikutinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar