Jawaban: menurut pengetahuan Saya, karakteristik peserta didik adalah sifat khas atau keunikan yang dimiliki oleh individu yang berusaha menggembangkan potensi dan menambah ilmu pengetahuan melalui proses belajar dan pembelajaran.
2. Sebutkan dan jelaskan macam – macam karekteristik peserta didik dalam pembelajaran !
Jawaban:
- Lingustik adalah karakteristik peserta didik yang kemampuan individunya lebih baik dalam menggunakan kata – kata secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis
- Matematika-Logis adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam menggunakan angka – angka dengan baik dan melakukan penalaran dengan benar
- Keruangan adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam mempersepsi dunia keruangan – visual secara akurat.
- Kinestetik-jasmani adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam menggunakan seluruh atau sebagian organ tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan.
- Musikal adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam menangani atau mengenali bentuk – bentuk musikal, misalnya sebagai penikmat musik. Kemampua individu dalam membedakan misalnya sebagai kritikus musik. Kemampuan individu dalam mengubah misalnya sebagai komposer.
- Interpersonal, adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam mempresepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain
- Intrapersonal, adalah kemampun karakteristik peserta didik dalam memahami sifat orang lain dan sensitif atau peka terhadap lingkungan sekitarnya
- Kecerdasan Natural adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam kepekaan alam dan mencintai serta menyayangi alam tersebut.
- Kecerdasan Intiutif adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam kepekaan atau insting.
- Kecerdasan Psikologis adalah kemampuan karakteristik peserta didik bidang skill mental dalam menyelesaikan masalah berdasarkan visualisasi suatu objek dari berbagai sudut pandang, dan mengetahui detail atau regoknisi gambaran
- Kecerdasan Spiritual adalah kemampuan karakteristik peserta didik dalam hal spiritual atau agama dan mengajarkannya pada orang lain melalui bimbingan, atau merencanakan seseuatu untuk tujuan hidupnya.
3. Jelaskan hubungan antara pemilihan starategi belajar dalam karakteristik peserta didik !
Jawaban: hubungannya adalah dalam proses pembelajaran peserta didik itu diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Maka dari itu agar tercapainya tujuan pembelajaran, maka pendidik harus menentukan dan merumuskan strategi belajar yang cocok untuk karakteristik peserta didik agar materi yang ingin disampaikan oleh pendidik dapat diterima atau diserap secara maksimal oleh peserta didik sehingga membantu tercapainya tujuan pembelajaran.
Penulis (Jawaban) = Luthfi Fajar Riana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar